Dikatakan road race lantaran dari awal balapan ini memang menggunakan jalan raya sebagai lintasannya. Namun seiring perkembangan jaman, kini banyak dibangun sirkuit permanen khusus road race. Peraturan yang ada balap road race telah diatur oleh Ikatan Motor Indonesia [IMI] pusat. Baik itu meliputi regulasi tata perlombaan, regulasi peraturan pembalap, dan regulasi teknis seperti peraturan modifikasi apa saja yang dibolehkan. Di Indonesia sendiri, road race memiliki banyak event. Mulai dari Kejurda Provinsi, Kejurnas Motoprix Region, dan level tertinggi road race di tanah air yakni Indoprix. Namun tak hanya itu saja, banyak club event pabrikan motor maupun club event mandiri yang juga menggelar hajatan road race. Bisa kita lihat seperti Yamaha Cup Race [YCR], dan Honda Racing Championship [HRC]. Adapun club event ada banyak sekali di daerah daerah yang sering menyelenggarakan kejuaraan tingkat daerah, seperti Kapota dan Noname Indonesia di Jawa Barat, lalu ada Gaduro Sport Club di Jawa Tengah, VSC Yogyakarta dan Javanoa Sport Club Jawa Timur.
Balap road race ini sebenarnya tak hanya sebatas level Indonesia maupun Asia saja. Namun road race tingkat dunia juga ada. Mungkin ini juga tak banyak diketahui. Balap road race kelas dunia adalah Wordl Super Bike atau WSBK. WSBK merupakan road race kelas dunia yang sesungguhnya. Motor yang dipakai adalah motor besar ber cc 1000 seperti Honda CBR, Suzuki GSX-R Yamaha R1 dan sederet kuda besi ternama seperti Ducati, Aprillia dan Kawasaki. Namun sejatinya motor tersebut adalah motor produksi masal yang dimodifikasi, dan modifikasinya pun dibatasi lewat aturan baku yang dibuat penyelenggara. Di luar negeri sana, Superbike sama serunya seperti Motogp dan live TV serta disiarkan di berbagai negara, boleh dibilang selevel atau bisa juga dikatakan satu tingkat di bawah Motogp. Bahkan tak jarang pembalap Superbike pindah ke Motogp dan sering kali berlaku sebaliknya
Road Race
Reviewed by Unknown
on
10:47 PM
Rating:
No comments: